A
 
Ujian OSCE Prodi D3 Keperawatan Padang
Admin(VPN)
28/08/2023 08:24 WIB
Dalam rangka menghasilkan perawat profesional, Program Studi (Prodi) D3 Keperawatan Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Padang mengadakan ujian Objective Structured Clinical Examination (OSCE) perdana.
Ujian OSCE ini berlangsung 3 hari (21-23 Agustus 2023) di OSCE Center Unit Laboratorium Poltekkes Kemenkes Padang diikuti oleh 79 mahasiswa Program Studi D3 Keperawatan Padang Angkatan 2020 dengan beberapa Penguji dari dosen Jurusan Keperawatan dan Penguji Eksternal lainnya.
Ujian OSCE dibagi menjadi enam sesi selama tiga hari. Setiap sesi terdiri dari 14 mahasiswa. Sebelum memasuki ruang ujian, peserta dikarantina terlebih dahulu dan untuk sesi pagi setelah melakukan ujian, mahasiswa dikarantina kembali. Pada ujian OSCE, terdapat 12 station/ ruang ujian yang diatur semirip mungkin dengan setting klinis. Pasien standar juga digunakan dalam Ujian OSCE dimana juga disetting agar mahasiswa dapat menyelesaikan kasus dan membuat keputusan klinis dengan cepat dan tepat. Mahasiswa hanya diberikan waktu 7 menit pada setiap station ujian, 1 menit diberikan untuk waktu perpindahan antar station, 1 menit untuk membaca soal di depan ruangan dan 5 menit sisanya untuk menyelesaikan kasus.
Materi yang diujikan meliputi Departemen Keperawatan Dasar dan Dasar Keperawatan, Keperawatan Medikal Bedah dan Gawat Darurat, Departemen Keperawatan Anak, Keperawatan Maternitas, Departemen Keperawatan Keluarga dan Gerontik, dan Keperawatan Jiwa. Kategori kompetensi yang diujikan meliputi komunikasi, edukasi, konseling, pengkajian, diagnosa, perencanaan, implementasi, dan perilaku profesional. Setiap station ujian memiliki kasus yang berbeda sehingga kompetensi klinik yang dinilai berbeda juga, namun untuk komponen nilai-nilai profesionalisme akan dinilai pada setiap station.
Semoga denga Ujian OSCE ini para mahasiswa dapat lulus dengan kompeten dan menjadi bekal untuk mengabdi didunia kesehatan ilmu bermanfaat bagi masyarakat pada khususnya dan untuk bangsa negara pada umumnya.
menghubungi server
Q
test